Android di BlankOn-in dengan Emulator

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk GoogleHTCIntelMotorolaQualcommT-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).Wikipedia Bhs Indonesia

Seperti penjelasan diatas bahwa Android adalah sistem operasi untuk perangkan mobile maka jika kita ingin menggunakannya haruslah memiliki perangkat mobile tersebut baik berupa HP, Ipad ataupun PC Tablet. Lalu bagaimana jika kita ingin mencoba Android tetapi belum memiliki keuangan yang cukup untuk membeli perangkat mobile tersebut ? Solusinya adalah dengan menggunakan emulator didalam komputer kita, jadi nantinya Android akan kita jalankan didalam sistem operasi komputer kita menggunakan emulator. Cara ini juga bisa digunakan bagi para programmer yang sedang membuat aplikasi Android untuk melakukan uji coba aplikasinya sebelum dijalankan diperangkan sebenarnya.

Menajalankan Android Di Linux
Setelah mengetahui sekilas tentang Android kali ini saya akan mencoba menuliskan bagaimana caranya untuk mencoba Android didalam sistem operasi Linux, pada praketk ini saya menjalankan emulator Android di BlankOnLinux. Sebelum memulai anda harus mendownload terlebih dahulu Android SDK yang diperlukan sebagai basis utama dari emulator Android. Silahkan download melalui url berikut http://developer.android.com/sdk/index.html sesuaikan dengan platform yang anda gunakan, karena saya menggunakan Linux jadi saya mendownload yang versi Linux. Setelah berhasil didownload langkah berikutnya adalah sebagai berikut :

  1. Extract file tersebut lalu buka folder hasil extract kemudian buka folder tools.
  2. Jalankan file bernama android. SDK yang Anda Unduh sebelumnya, belum menyertakan Android Platform yang diperlukan untuk membuat Virtual Device Android. Jadi sekarang saatnya kita update paket-paket di SDK ini agar menyertakan Android Platform yang diperlukan. Saat menjalankan proses ini, komputer Anda harus terkoneksi ke Internet. Paket-paket tersebut akan diunduh langsung dari Internet, melalui aplikasi Android yang sudah kita jalankan sebelumnya.
  3. Klik menu available packages disamping. Setelah mencentang repository Android, tekan tombol Install selected.
  4. pilih SDK Platform yang diinginkan. Saya sendiri memilih semua versi yang tersedia sekarang. Tunggu sampai proses installasi selesai. Setelah SDK Platform terinstall, sekarang saatnya membuat virtual devices. Ditahapan ini Anda bebas memilih versi Android yang diinginkan, ukuran layar dan fitur-fitur lainnya.
  5. Sekarang Anda memiliki device Android yang siap dijalankan. Pilih virtual device yang ingin dijalankan, kemudian klik tombol start. Proses bootingnya agak lama, jadi harus sedikit bersabar.
  6. Sekarang saya sudah bisa menggunakan Android walau tidak langsung dengan perangkat sesungguhnya.
  7. Keterangan : Emulator ini bisa juga dijalankan di sistem operasi Windows & Mac, pada saat mendownload Android SDK pilih versi sesuai dengan sistem operasi komputer anda.
  8. Penutup Demikianlah tulisan saya mengenai cara menjalankan Android di Linux menggunakan emulator, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan yang ingin mencoba sistem operasi Android namun belum memiliki perangkat mobile yang dapat menjalankan sistem operaasi Android, atau bagi anda yang sedang mencoba membuat aplikasi untuk Android bisa melakukan uji coba melalui emulator terlebih dahulu. ilmukomputer.com

About higoss

Pegiat Open Source

Posted on Desember 6, 2011, in Tutorial. Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. trmksh ats tutorial yang di berikan dari mas anton selaku senior politeknik pratama.

  2. Izin baca-baca mas.
    Salam silaturahmi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: